6 Cara Karyawan Agar Bisa Kaya

Seorang karyawan identik dengan gaji yang pas-pasan, Namun demikian bukan berarti seorang karyawan tidak dapat menjadi orang kaya. Seseorang menjadi kaya memang bukan karena pendapatannya.

Lalu, apakah bisa seorang karyawan menjadi kaya ?

cara karyawan kaya
Image by jcomp on Freepik

Seseorang bisa menjadi kaya raya bukan semata-mata dari pendapatan yang mereka miliki, akan tetapi seseorang dapat kaya karena mereka dapat mengatur keuangan pribadi dengan baik.

Untuk meningkatkan ketahanan ekonomi anda perlu merencanakan pengaturan keuangan yang tepat agar tidak ada masalah suatu hari nanti.

Mulailah Berinvestasi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah berinvestasi. Jumlah investasi tidak harus besar, anda bisa menyisihkan 10% dari pendapatannya untuk dijadikan investasi.

Menurut para pakar tujuan kita berinvestasi adalah kita bisa meningkatkan uang yang kita miliki jauh lebih tinggi dengan artian uang yang kita investasikan bekerja di saat kita juga sedang bekerja.

Bagi pemula, jangan beranggapan investasi akan bekerja untuk jangka pendek. Investasi tujuannya adalah ketahanan ekonomi atau keuangan pribadi di masa depan. Meskipun sekarang anda berinvestasi Rp200.000 s/d Rp500.000 per bulan ,dan dimulai sejak masih muda tentu akan menghasilkan nilai yang sangat tinggi beberapa tahun kedepan.

Punya Asuransi

Meskipun menjadi seorang anak buah, hendaknya anda tetap memiliki asuransi, baik itu asuransi kesehatan, dana perlindungan dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar Jika sesuatu hal yang buruk nanti terjadi seperti halnya kesehatan menurun, uang tabungan anda tidak terkuras habis untuk membiayai nya.

Memiliki asuransi bagi seorang kerap atau sering kali dianggap sepele dan cenderung dianggap pemborosan karena harus menyisihkan sekian persen dari pendapatan setiap bulannya. Namun demikian fungsi dari asuransi sangatlah besar, Asuransi dapat berfungsi menjaga diri sekaligus harta yang anda miliki.

Hindari Hutang

Anda pasti sering mendengar “belilah Apa yang anda butuhkan bukan apa yang anda inginkan“. Kutipan tersebut benar adanya. Sebagian orang ingin menunjukkan kan isinya di depan orang lain dengan membeli barang mewah atau bermerek hanya untuk menunjukkan kelas dirinya.
Tak sedikit orang yang rela berhutang untuk mendapatkan barang keinginannya. Hal ini tentu sangat akan merugikan bagi stabilitas keuangan pribadinya.

Tingkatkan Kinerja

Hal lain yang dapat ditonjolkan adalah kinerja atau kemampuan individu yang mereka miliki. Kenapa meningkatkan kemampuan individu dapat menjadikan seorang karyawan menjadi kaya ?.

Pekerja yang memiliki kemampuan lebih seringkali diberikan tugas tambahan dari perusahaannya. Biasanya tugas tambahan yang mereka laksanakan akan diberikan bonus yang cukup untuk menambah penghasilannya setiap bulan. Tentu hal ini akan menjadi pundi-pundi uang tambahan untuk memperbanyak tabungannya.

Hemat

Hal yang paling penting untuk dipahami adalah Peribahasa yang telah anda dengar sejak dari sekolah dasar yaitu “hemat pangkal kaya”. Ya, peribahasa tersebut memang menjadi salah satu kunci untuk dapat membuat seseorang bisa menjadi kaya.

Sama seperti halnya penjelasan pada bagian hutang, Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak hanya untuk mengikuti Gengsi. Anda tidak perlu Anda menghambur-hamburkan uang untuk makan di restoran yang mewah cukup makan di rumah makan yang biasa saja seperti Rumah Makan Padang, Warteg dan lain-lain.

Untuk persoalan hemat memang susah dilakukan bagi orang orang yang sudah terbiasa dengan kehipan yang hedon. namun hal ini dapat dicegah dengan membiasakan diri untuk hidup perkecukupan. Inti dari permasalahan ini adalah anda dituntut untuk tidak mementingkan gengsi.

Memiliki Usaha Sampingan

Seorang yang cerdas Akan melihat peluang lain yang bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Jika di sebuah perusahaan kan anda menjadi seorang karyawan namun di sisi lain Anda juga bisa sebagai seseorang BOS di usaha anda sendiri meskipun skala kecil. Meskipun usaha sama dengan meskipun usaha sampingan Anda tergolong kecil namun hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan pendapatan Anda secara masif.

Usaha sampingan tidak harus bermodal besar, banyak jenis usaha yang bisa anda lakukan mulai dari hal yang kecil. BACA JUGA : 6 Bisnis Sampingan Agar Uang Bulanan Bertambah. Jadi, mulailah dari hal yang kecil untuk membuka peluang bisnis anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kami sajikan untuk Anda semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "6 Cara Karyawan Agar Bisa Kaya"