Ini 7 Groupset Shimano Terbaik untuk Road Bike Anda

RoziPiliang.id – Groupset merupakan bagian komponen terpenting bagi sebuah sepeda, bahkan komponen ini adalah komponen termahal dari semua part yang diperlukan. Banyak sekali groupset yang beredar di pasaran, baik untuk sepeda MTB maupun Road Bike. Dan pada postingan ini kami akan mengulas untuk kalian tingkatan groupset shimano road bike.

Groupset Shimano
Gambar Oleh Balap Sepeda dot Net

Kenapa shimano ? karena di Indonesia shimano adalah produk yang paling laris di pasaran. Selain memiliki performa yang baik, groupset shimano juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan pesaing nya seperti SARM atau Compagnolo.

Dalam penjualannya, shimano tentu memberikan beberapa pilihan produk yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda untuk membelinya. Berikut urutan atau tingkatan groupset shimano untuk road bike / sepeda balap dari yang paling bawah hingga paling tinggi.

GROUPSET SHIMAO UNTUK ROADBIKE

Shimano Turney A070

Shimano turney A070 adalah groupset paling rendah dan paling murah yang digunakan pada sepeda balap atau road bike. Selain pada sepeda balap groupset ini juga masih akan anda temui pada sepeda gunung, sepeda hybrid dan sepeda lipat namun memiliki seri yang diperuntukkan sesuai dengan jenis sepedanya.

Groupset ini biasanya dipasangkan pada sepeda dengan harga yang murah, untuk di indonesia sepeda balap yang menggunakan groupset shimano turney adalah sepeda dengan harga dibawah 5 Juta rupiah.

Shimano terney biasaya dijual dalam bentuk mini groupset yaitu terdiri dari shifter/brake lever, FD, RD, serta BB. Sedangkan untuk crank anda bisa menggunakan double atau triple chainring. Untuk sproket menggunakan 7-8 speed / percepatan saja.

Bagi kalian yang pemula ini bisa dijadikan sebagai pilihan pertama. Mengingat harga yang murah dan mudah untuk dilakukan perawatan. Jika ada kerusakanpun tidak akan memberatkan kantong anda.

Shimano Claris R2000

Simano claris adalah tingkatan kedua groupset shimano yang dipasangkan pada sepeda balap atau road bike. Groupset claris R2000 memiliki 8 speed percepatan yang dianggap sudah cukup baik untuk kegiatan olah raga anda.

Shimano claris juga salah satu yang groupset yang paling banyak dibeli orang mengingat harganya yang murah dan kualitas yang sudah semakin lebih baik. Groupset jenis ini sudah dijual dengan full groupset yang terdiri dari Crankset, Brake Lever Shifter, Brake Kaliper, BB, RD, FD, serta sproket 8 speed.

Groupset jenis ini paling banyak dijumpai pada sepeda balap dengan rentang harga 5 s/d 7 Juta rupiah. Selain pada sepeda balap, groupset claris R2000 juga masih bisa kita temui pada sepeda jenis hybrid.

Shimano Sora R3000

Shimano Sora boleh dikatakan sebagai groupset transisi antara groupset kelas pemula dan menengah. Sora R300 telah hadir dengan 9 Speed percepatan yang membuatnya hampir mirip dengan groupset diatas nya yaitu tiagra.

Dibandingkan dengan tiagra, shimano sora memiliki performa lebih renda dari tiagra dan memiliki bobot yang jauh lebih berat. Di Indonesia groupset sora sering dijumpai pada sepeda dengan rentang harga 7 s/d 10 juta rupiah.

Shimano Tiagra R4700

Shimano Tiagra merupakan upgrade dari kelas di bawahnya yaitu shimano sora. Tiagra adalah groupset yang paling ideal untuk kelas menengah. Bobotnya yang ringan serta performanya yang baik tentu saja membuat groupset ini sangat laku di pasaran.

Shimano Tiagra R4700 telah dibekali dengan 10 speed percepatan. Dan untuk produk Indonesia sepeda dengan groupset ini akan di jumpai pada sepeda dengan rentang harga 10 hingga 14 Juta Rupiah.

Shimano 105 R7000

Shimano 105 adalah yang pertama sebagai produk dengan performa 11 speed. 105 memiliki tampilan ramping yang mirip dengan shimano ultegra sebagai groupset kelas atas. Shimano 105 ada dua piliahan yaitu rim brake atau disc brake. Untuk disc brake shimano 105 sudah menggunakan internal hydraulic system.

Bobot yang dimiliki shimano 105 juga cukup ringan, dimana hanya memiliki berat 280gr untuk masing-masing shifternya. Berat caliper brake juga tergolong ringan, yaitu 138gr saja untuk masing-masing caliper.

Shimano Ultegra R8000

Shimano ultegra sudah masuk tingkatan high end pada jajaran groupset untuk road bike. Memiliki performa yang lebih baik dari 105 dan memiliki bobot yang hampir sama dengan dura Ace. Bahan material yang digunakan sangan ringan dan berkualitas tinggi, sehingga tak jarang groupset ini selalu tampil dalam ajang balap sepeda tingkat dunia.

Sama seperti Shimano 105, Ultegra juga disediakan pilihan untuk menggunakan rim brake atau disc brake. Sepeda balap yang menggunakan groupset ini biasaya di bandril dengan haraga paling rendah 80 juta rupiah.

Baca Juga : Niat Beli Sepeda Carbon ? Baca Ini Dulu !

Shimano DuraAce R9100

Groupset yang terakhir ini adalah raja dari semua groupset yang telah kita sebut satu persatu diatas. DuaraAce adalah groupset terbaik pada jajaran shimano. Bahan material berkualitas tinggi sehingga memiliki performa yang sangat baik dan memiliki bobot yang sangat ringan.

DuraAce juga menggunakan double chairing dengan crank terbesar 55 T. ukuran yang sangat besar untuk mendapatkan top speed terbaik.

PENUTUP

Demikianlah tingkatan groupset shimano untuk Road Bike. So, jangan salah pilih ya. jangan pakasakan untuk membeli groupset yang sangat bagus hanya untuk gensi. beli sesuai kebutuhan dan kemampuan saja ya.