Niat Beli Sepeda Carbon ? Baca Ini Dulu !

Hallo sobat RoziPiliang.id, Apakah benar anda menginginkan sepeda carbon ? Bagaimana kalau saya sarankan jika anggaran terbatas, Anda lebih baik bertahan dengan alloy ? apakah anda akan menerima masukan saya ? . Mari kita ulas pembahasan tentang sepeda carbon dan sepeda dengan bahan Alloy.

Sepeda Carbon
Image by wirestock on Freepik

Daya tarik carbon

Tentu saja kita sering tergoda oleh sepeda carbon.  Kenapa tidak, barang yang sudah diaplikasikan pada balap mobil Formula Satu (f1), mereka membuat mobil balap dari bahan carbon. bahan yang kaku, ringan dan kenyal, semua itu bagus untuk balapan.

Pada saat sekarang ini, Carbon digunakan untuk sepeda terbaik di seluruh dunia karena saat ini carbon merupakan bahan yang paling dapat dioptimalkan oleh produsen. Tapi tidak semua sepeda carbon diciptakan persis sama.

Sementara frame sepeda balap kelas atas dari merek ternama akan dibangun dengan standar tinggi dengan penggunaan bahan yang terbaik untuk menciptakan sepeda seringan mungkin sambil mencapai kekuatan, kekakuan, dan kepatuhan yang diinginkan . Sedangkan hal yang sama tidak dapat dijumpai untuk sepeda yang diproduksi untuk penjualan masal. Layaknya seperti balapan MotoGp, motor balap Gran Prix tidak akan kita temukan di took sepeda resmi untuk penjualan masal.

Akan tetapi sepeda dengan bahan carbon memang sangat bisa diandalkan, namun anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk itu. Solusinya, Anda dapat membeli frame carbon langsung dari pabrik Cina, hanya dengan beberapa juta rupiah saja.

Masalahnya, carbon murah tidak begitu bagus. Walaupun dibuat dengan teknik manufaktur yang hampir sama, namun hasilnya tidak akan pernah sama untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

Sepeda terbaik di dunia saat ini sangat bagus karena para desainer dan insinyur mereka telah menginvestasikan ribuan jam dalam mengoptimalkan cara penggunaan bahan mentah menjadi bahan terbaik siap pakai. Kualitas carbon itu sendiri penting, Desain lay-up sangat penting, dan kehati-hatian melakukan lay-up yang sebenarnya sangat penting untuk kualitas produk jadi.

Alloy Tidak Sudah Tidak Laku

Bagi kelas menengah ke atas frame sepeda dengan bahan alloy sudah tidak laku lagi. Rangka yang berat menjadi alasan kuat bagi pecinta sepeda. Pecinta sepeda lebih mengutamakan bobot yang lebih ringan agar terasa enteng saat di gowes.

Namun di sisi lain, frame alloy justru menjadi primadona bagi sebagian kalangan. Alasan yang paling kuat adalah bahan alloy mudah di reparasi. Berbeda dengan frame dengan bahan carbon, jika ada masalah pada bahan carbon butuh teknisi yang handal untuk mereparasinya.

Kalangan pemula biasanya akan memilih frame dengan bahan alloy. Selain harganya yang relatif murah, bahan alloy juga dapat bermanfaat sebagai media latihan kekuatan untuk atlit pemula.

Bagian saran tentang sepeda carbon

Ada sejauh mana Anda harus mengambil kata-kata saya untuk itu, tetapi berdasarkan sejumlah besar sepeda jalan entry level yang saya pakai yaitu strattos S2 dari Polygon Bike, saya yakin dapat menyatakan bahwa generasi terbaru dari frame alloy  lebih baik daripada frame carbon dengan harga paling terjangkau.

Tidak ada aturan untuk mengidentifikasi carbon ‘murah’ , tetapi cukup aman untuk mengatakan bahwa cetakan frame yang dijual sebagai sepeda lengkap seharga sekitar 20 juta rupiah dengan groupset tingkat menengah seperti Shimano 105 tidak akan menjadi hal yang buruk, Itu cukup  bagus.

Anda akan melihat saya telah memilih untuk tidak memilih merek sepeda carbon murah di sini. Tidak satu pun di sini ini yang mengatakan bahwa sepeda carbon murah pada dasarnya buruk, hanya saja Anda dapat melakukan lebih baik dengan uang Anda jika  melihat di luar frame carbon.

Kita hidup di zaman sepeda yang luar biasa dan sulit untuk melakukan kesalahan bahkan dengan anggaran yang sederhana.

Seperti biasa, saya sarankan Anda membeli sepeda yang membuat Anda paling bahagia, tidak perlu melihat harga dan bahan rangkanya. Carbon itu luar biasa, tetapi alloy tidak perlu diragukan lagi soal kekuatannya. Dan ya, Anda dapat membuat pilihan yang fantastis dari bahan lain seperti baja dan titanium.

Setelah membaca ini, tentukan pilihan terbaikmu sekarang. Salam dua pedal !!