Panduan Praktis untuk Menerapkan Konsep "Hygge" dalam Kehidupan Sehari-hari

Hygge (dibaca: hoo-gah) adalah konsep kebahagiaan dan kenyamanan yang berasal dari Denmark. Ini bukan sekadar gaya hidup, tetapi lebih merupakan filosofi yang menekankan pentingnya menemukan kebahagiaan dalam momen-momen sederhana. Dengan menerapkan konsep hygge dalam rutinitas sehari-hari, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan merasakan kebahagiaan yang lebih dalam.

menerapkan-konsep-hygge-dalam-kehidupan
Sumber : Image by pvproductions on Freepik 

Apa Itu Hygge?

Hygge adalah konsep yang berasal dari Denmark yang menekankan kebahagiaan dalam momen-momen sederhana dan kebersamaan dengan orang-orang terkasih. Ini adalah tentang menciptakan suasana hangat dan nyaman di sekitar kita, baik di rumah maupun di tempat umum, untuk merasakan kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan menghargai momen-momen kecil seperti minum teh hangat di depan perapian, berkumpul dengan keluarga di meja makan, atau berjalan-jalan di taman, kita dapat mengalami hygge dan mengisi hidup dengan kebahagiaan yang lebih dalam.

Hygge juga melibatkan berbagi kebersamaan dengan orang-orang terkasih, merayakan hubungan sosial yang kuat, dan menemukan kebahagiaan dalam kebersamaan.

Istilah Lain yang Mirip Dengan Konsep Hygge

Hygge adalah sebuah konsep yang berasal dari Denmark dan tidak memiliki terjemahan langsung ke dalam bahasa lain. Namun, beberapa bahasa telah mengadopsi konsep tersebut dengan istilah atau frasa yang memiliki makna serupa. Sebagai contoh:

  1. Bahasa Inggris: Meskipun tidak ada kata yang sama persis, istilah “coziness” atau “cosiness” sering digunakan untuk menyampaikan konsep hygge dalam bahasa Inggris.
  2. Bahasa Norwegia: Dalam bahasa Norwegia, konsep hygge dapat diungkapkan dengan istilah “kos” yang mengacu pada suasana yang nyaman dan hangat.
  3. Bahasa Swedia: Di Swedia, istilah “mys” atau “mysig” sering digunakan untuk menyatakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, serupa dengan hygge.
  4. Bahasa Jerman: Meskipun tidak memiliki terjemahan langsung, konsep hygge sering dijelaskan dengan istilah “Gem├╝tlichkeit,” yang mengacu pada suasana yang menyenangkan dan nyaman.

Meskipun tidak ada terjemahan yang sempurna untuk hygge dalam bahasa lain, konsep tersebut dapat dipahami dan diadopsi dalam berbagai budaya dengan istilah yang memiliki makna serupa.

Menerapkan Konsep Hygge dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Ciptakan Suasana yang Hangat: Dekorasikan rumah Anda dengan lilin, lampu temaram, dan bantal-bantal yang nyaman untuk menciptakan suasana yang hangat dan mengundang.
  • Nikmati Momen Bersama: Ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berkumpul di sekitar perapian atau meja makan, berbagi cerita, dan menikmati kebersamaan.
  • Nikmati Makanan yang Lezat: Buatlah hidangan yang sederhana dan lezat, seperti sup hangat, kue segar, atau minuman cokelat panas, dan nikmatilah bersama orang-orang terkasih.
  • Beraktivitas di Alam: Manfaatkan keindahan alam dengan berjalan-jalan di taman atau berpiknik di bawah sinar matahari untuk merasakan kedamaian dan kenyamanan alam.
  • Habiskan Waktu dengan Diri Sendiri: Berikan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti membaca buku favorit, mendengarkan musik, atau meditasi.

Manfaat Menerapkan Konsep Hygge

  • Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan fokus pada momen-momen sederhana dan kebersamaan, kita dapat merasakan kebahagiaan yang lebih dalam dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengurangi Stres dan Kecemasan: Hygge membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan menekankan pentingnya relaksasi dan kedamaian.
  • Memperkuat Hubungan Sosial: Dengan mengundang orang-orang terkasih untuk berkumpul dan menikmati momen bersama, kita dapat mempererat hubungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Dengan menerapkan konsep hygge dalam rutinitas sehari-hari, kita dapat menciptakan kebahagiaan yang lebih dalam dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Mulailah dengan menciptakan suasana yang hangat dan nyaman di rumah, nikmati makanan lezat bersama orang-orang terkasih, dan manfaatkan momen-momen sederhana untuk menemukan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari.