Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nomenklatur Jabatan pelaksana Pegawai Negeri Sipil

Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil
Pemahaman Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil

Assalamualaikum Wr.Wb, Apa kabar sobat rozi piliang ? semoga sobat selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas dan memahami jabatan pelaksana Pegawai Negeri Sipil. Pada artikel ini yang akan kita bahas diantaranya pengertian, klasifikasi, serta nomenklatur nya. Ada dua  Payung hukum dalam pembahasan ini yaitu Peraturan MenpanRB nomor 41 Tahun 2018 dan Peraturan MenpanRB nomor 13 tahun 2019 yang bisa kalian download pada bagian bawah artikel ini.

Sebenarnya jabatan pelaksana itu adalah sebutan untuk tahun 2018, dikarenakan pada tahun 2019 dikeluarkan pearturan menteri yang terbaru dan disebut dengan jabatan fungsional. Pada dasarnya jabatan fungsional dan jabatan pelaksana adalah sama. Akan tetapi jabatan fungsional lebih menyempurnakan dari jabatan pelaksana. Sampai tahun 2021 nomenklatur pada jabatan pelaksana masih tetap berlaku.

Pengertian Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil

Jabatan Pelaksana adalah sekelompok jabatan yang berisi tugas dan fungsi pelaksanaan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Sedangkan Jabatan Fungsional adalah sekelompok Jabatan yang berisi tugas dan fungsi berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

Sekarang, baik jabatan pelaksana maupun jabatan fungsional didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan ijazah pendidikan yang ditempuh.

Kedudukan dan Tanggung Jawab Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil

Pejabat fungsional berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional pada instansi pemerintah. Pelaksana bertanggung jawab kepada pejabat pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas.

Kedudukan jabatan tersebut ditetapkan dalam peta jabatan berdasarkan analis tugas dan fungsi, analis jabatan, dan analis beban kerja. Untuk melihat rincian nya silahkan download link dibawah.

Klasifikasi Jabatan Pelaksana

Jabatan pelaksana dikelompokkan dalam klasifikasi jabatan PNS yang menunjukkan kesamaan karakteristik, mekanisme, serta pola kerja. Klasifikasi jabatan pelaksana Pegawai Negeri Sipil di tetap oleh peraturan perundang undangan. 

Klasifikasi jabatan sangan erat hubungannya dengan dasar keilmuan yang dimiliki oleh seorang PNS. Bagi sobat yang berniat menjadi Pegawai Negeri Sipil akan bertanya-tanya, Apakah seseorang dengan dasar keilmuan keuangan bisa bekerja di kantor dinas kesehatan ? Jawabannya tergantung kebutuhan jabatan pada instansi tersebut. Sebagai contoh pada dinas kesehatan adan sub bagian yang mengurusi program dan keuangan yang artinya mereka membutuhkan orang dengan keterampilan keuangan.  

Nomenklatur Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil

Nomenklatur jabatan pelaksana adalah nama-nama jabatan yang tersedia untuk para pelaksana. Nomenklatur ini digunakan instansi pemerintah sebagai acuan untuk:

  • penyusunan dan penetapan kebutuhan
  • penentuan pangkat dan jabatan
  • pengembangan karier
  • pengembangan kompetensi
  • penilaian kinerja
  • penggajian dan tunjangan
  • pemberhentian


Demikian pembahasan kita kali ini. Untuk lebih jelas memahami jabatan pelaksana ini sobat bisa download Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (MENPANRB) dibawah ini.