Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Utuk Gaya-Gayaan, Apa Pentingnya Kacamata Sepeda ?

Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay

Hallo, sobat rozipiliang.com - Sebagian pengendara sepeda menggunakan kacamata, dan sebagian tidak menggunakannya. Mengapa demikian? Bagi sobat yang hobby bersepeda bisa bertanya kepada diri sendiri, apakah saya perlu memakai kacamata saat bersepeda ? Kacamata itu penting ya sobat.

Tergantung pada jenis sepeda Sobat dan di mana Sobat bersepeda. Jika Sobat adalah pesepeda sesekali yang berkendara seminggu sekali / sebulan sekali dengan kecepatan lebih lambat (10mph s/d 16kph) di jalan datar, mungkin Sobat bisa berkendara tanpa kacamata. Untuk pengendara sepeda jalan raya lainnya, saya sangat menyarankan untuk membeli kacamata sepeda. Kacamata gelap adalah bagian penting dari perlengkapan bersepeda Sobat seperti jersey, celana pendek bib, sarung tangan atau sepatu. Sobat harus memakainya bahkan saat matahari tidak bersinar.

Saat menggunakan kacamata, selain tampilan pakaian bersepeda yang bagus, Sobat tahu bahwa mata Sobat akan terlindungi. Ya, mata Sobat juga membutuhkan perlindungan saat Sobat bersepeda.

Kacamata Sepeda akan melindungi Sobat dari hal-hal berikut :

  • Debu dan Kotoran Jalan. Saat Sobat bergerak cepat atau berkendara di lalu lintas, Sobat harus mempertimbangkan binatang kecil yang beterbangan. Sobat tidak dapat memprediksi kapan Sobat akan diserang makhluk kecil tersebut, tetapi ingatlah untuk lurus dan tetap di jalur yang sama dan menepi jika sudah aman. Kecepatan debu jalan bisa saja tinggi, dan beberapa di antaranya bisa relatif besar. Kotoran jalan dengan batu-batu kecil juga bisa masuk ke mata Sobat. Jadi matamu harus terlindungi dengan baik. Dan inilah alasan utama mengapa saya menggunakan kacamata sepeda sendiri.
  • Matahari. Kacamata sepeda juga menjaga Sobat tetap aman di jalan atau jalur bersepeda pada hari-hari cerah karena dapat mengurangi silau matahari dan akan memberikan visibilitas yang lebih baik. Sobat juga mungkin pernah mendengar bahwa mata Sobat harus dilindungi dari sinar matahari UV (ultra-violet). Kebanyakan lensa kacamata bersepeda dilengkapi dengan perlindungan UV. Tetapi sebelum membeli selalu tanyakan kepada penjual jika Sobat tidak dapat menemukan informasi ini. Oleh karenanya saya menyarankan sobat memilih kacamata dengan kualitas terbaik
  • Cuaca.
    • Angin. Saat Sobat bergerak cepat, atau saat bersepeda menurun, angin kencang bertiup di wajah. Hal ini dapat menyebabkan mata berair sebagai respons terhadap angin. Kacamata sepeda bisa menjadi solusinya disini. Kacamata akan membantu menahan angin dan akan menjaga jarak pandang, dan Sobat akan aman di jalan.
    • Hujan. Pada saat hujan biasanya para pesepeda menggunakan lensa bening. Saat Sobat tidak sengaja kehujanan, atau Sobat sekadar suka bersepeda dalam kondisi cuaca seperti ini. Kacamata akan melindungi dari tetesan yang datang dari pengendara sepeda motor atau mobil di depan Sobat. Biasanya air hujan ini bercampur dengan partikel pasir kecil dan puing-puing lainnya.

Rekomendasi saya

Faktor kunci yang akan saya rekomendasikan saat memilih kacamata bersepeda:

  1. Kenyamanan / Fit
  2. Perlindungan UV
  3. Lensa Kualitas yang Dapat Dipertukarkan
  4. Desain / Tampilan

Sobat tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak dan membeli kacamata bersepeda yang mahal. Saya menggunakan kacamata murah . Banyak di pasaran yang menjual kacamata sepeda dengan harga yang relatif murah dan tentunya telah memenuhi syarat rekomendasi yang saya tulis diatas.


Untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia sepeda sobat bisa mengunjungi situs Sepeda Impian


Terima kasih banyak. Silakan bagikan artikel ini dan tinggalkan komentar Sobat di bawah. Nikmati setiap kegiatan bersepeda kalian ya sobat, dan sampai jumpa lagi!