Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi CPNS 2021 Segera diumumkan, Benarkah ?

Pemerintah membutuhkan kurang lebih 1,3 Juta ASN pada tahun 2021 dengan rincian 1 Juta guru PPPK dengan skema yang telah ditetapkan Pemerintah daerah, 70.000 PPPK untuk fungsional umum selain guru, serta 119.000 formasi CPNS 2021 untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan, Benarkah demikian ?

formasi CPNS 2021
Gambar : By Rozi Piliang

Asslamualaikum Wr.Wb sobat Rozi Piliang, benarkah perekrutan CPNS akan kembali dibuka tahun 2021 ?. lalu apa saja formasi CPNS 2021 yang dibutuh kan ?.  Mari kita ulas pertanyaan tersebut berdasarkan info yang saya dapat di lingkungan pemerintah tempat saya bertugas serta info dari media.

FORMASI CPNS 2021

Sebelum kita lanjutkan, bagi sobat yang belum paham apa itu formasi CPNS maka sedikit akan saya jelaskan terlebih dahulu. Formasi CPNS adalah jalur-jalur yang tersedia untuk pendaftaran sebagai seorang pegawai negeri sipil. Sederhananya adalah jabatan-jabatan yang kosong yang seharusnya diisi oleh seseorang dengan kriteria kebutuhan jabatan tersebut. Contoh, misalkan di sebuah kantor Dinas Kesehatan kabupaten A terjadi kekosongan jabatan penyuluh kesehatan, dan kantor tersebut membutuhkan seseorang untuk mengisinya, salah satu syarat menduduki jabatan tersebut adalah lulusan S1 Sarjana Kesehatan Masyarakat. Maka bagi sobat yang lulusan s1 dengan jurusan Kesehatan Masyarakat dapat memilih  jabatan tersebut sebagai formasi CPNS. Begitu juga dengan jabatan-jabatan lainnya.

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan formasi CPNS 2021. Apa saja formasi CPN yang tersedia untuk tahun 2021 ini ?. 

Sampai artikel ini ditulis, baik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) maupun Badan Kepegawaian Negara, belum mengumumkan formasi CPNS 2021. Jadi, kapan tanggal pastinya formasi ini di umumkan pemerintah ? Dilansir dari Kompas.com, Plt Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan-RB, Bapak Teguh Widjanarko menerangkan bahwa Formasi CPNS 2021 akan ditetapkan pada bulan maret mendatang, sedangkan pendaftaran akan dibuka dari bulan april hingga mei, dan pada bulan juni telah dilakukan tahap seleksi. 

FORMASI CPNS PEMERINTAH DAERAH

Lalu bagai mana informasi dari pemerintah daerah ? oke, sesuai yang saya jelaskan diatas tadi, saya akan berikan jawaban sesuai tempat saya bertugas. Untuk Pemerintah Daerah, Baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota  belum ada pengumuman terkait berita Formasi CPNS 2021. Artinya kita masih sama-sama menunggu informasi dari pusat.

HOAX atau FAKTA

Membahas hoax atau fakta sebenarnya adalah pekerjaan yang sulit jika kita tidak memiliki dasar yang kuat. Memastikan Hoax atau fakta seperti kita bermain-main dengan api, melakukan kesalahan sedikit saja maka permainan selesai dan kita kalah.

Untuk memahami bagian ini saya hanya akan saran kepada sobat semua. Semoga saran-saran saya ini dapat bermanfaat agar sobat tidak menerima informasi yang salah.

Jika mendapatkan dokumen pengumuman informasi CPNS dari messenger seperti WhatsApp yang telah di bagikan berkali-kali, sebaiknya sobat meneliti langsung  kebenaran dokumen tersebut dengan cara mengunjungi situs resmi pemerintah. Untuk informasi CPNS sobat bisa kunjungi https://www.bkn.go.id/ atau https://menpan.go.id/. 

Tanyakan kepada keluarga, teman, saudara, tetangga, atau siapa saja yang sobat kenal yang bekerja di instansi pemerintah. Apakah pemerintah daerah sobat telah  mengumumkan Formasi CPNS atau belum. 

Jangan berpatokan dengan formasi CPNS daerah lain. Ingat ya sobat, formasi CPNS  setiap daerah berbeda-beda. Saya pastikan berbeda, karena formasi itu lahir berdasarkan kebutuhan daerah masing-masing.

PENUTUP

Oke sobat, itu saja pembahasan kita mengenai formasi CPNS 2021 yang akan segera dibuka ini. Berdoa saja agar pemerintah pusat dalam waktu dekan mengeluarkan ketetapan formasi CPNS 2021 dan segera membuka pendaftaran.

Saya doakan sobat dapat memperoleh hasil yang terbaik. “Jalan menuju Roma tidak hanya satu. Jika sobat belum berhasil menjadi PNS, artinya ada jalan yang lebih baik yang sudah disediakan lebih baik oleh Tuhan”. 

Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat.