Cara Membangun Tim Yang Unggul dan Berprestasi

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay


Pernahkah kalian melakukan sesuatu hal dengan cara berkelompok / tim ? Saya yakin dan percaya bahwa anda yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang sedang atau akan membangun sebuah kelompok/tim. 

Jika yang saya maksud adalah benar, maka saya akan coba membantu anda untuk memberikan sebuah gambaran tentang pola kerja kelompok/tim.
 
Pertama, Jika anda dapat memilih sendiri siapa yang menjadi anggota kelompok, maka pilihlah anggota yang benar-benar satu pemahaman dengan anda. Jika dasar ini tidak tercipta dengan baik maka ditakutkan akan ada perpecahan di pertengahan jalan.

Jika anggota kelompok/tim ditunjuk atau telah ditetapkan maka hal yang harus anda bangun adalah rasa saling percaya satu sama yang lain.

Dalam bertindak secara kelompok yang menjadi kunci utama kesuksesan adalah kerja sama yang baik. Jika diantara anggota tim saling menyalahkan tunggu saja tim tersebut akan hancur.

Kerja sama yang baik adalah tolak ukur tertinggi terhadap kesuksesan sebuah tim.  Jangan lakukan sedikitpun kesalahan yang membuat nilai kerja sama tersebut luntur.

BERHENTILAH MENYALAHKAN REKAN SATU TIM

Hal yang paling sering terjadi adalah tindakan saling menyalahkan jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Meskipun salah satu dari anda melakukan kesalahan jangan langsung menyalahkan, apalagi berkomentar dengan nada yang tinggi.


Kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan ?. saya rasa sebahagian dari kalian tahu jawabannya namun lupa saat kejadian itu terjadi.  Semisal kalian adalah tim dalam pertandingan badminton ganda, rekan satu tim anda melakukan kesalahan yang membuat tim anda kalah. 

Jika anda menyalahkan nya maka hal yang lebih buruk akan terjadi. Jelas saja secara pribadi, rekan yang anda salahkan akan merasa bersalah dan merasa memiliki beban tanggung jawab yang besar. Dengan perasaan seperti itu akan rekan anda akan tertekan dan malah membuat performa nya  semakin menurun. Jangan sesekali beranggapan bahwa dengan menegur dengan cara menyalahkan akan membuat rekan anda termotivasi. Hal yang anda perbuat hanyalah akan memperburuk keadaan dan menghancurkan tim anda sendiri. 

Secara kasarnya, mungkin yang menjadi faktor kegagalan tim anda adalah kesalah yang diperbuat teman anda, Tetapi ingat yang membuat Tim anda hancur adalah sikap  anda sendiri. Jadi, berhentilah menyalahkan rekan satu tim anda.

SALING SUPPORT DAN MEMBERI SEMANGAT

Sebaiknya yang anda lakukan adalah saling memberikan support jika rekan satu tim melakukan kesalahan. Dengan demikian dia akan merasakan masih ada kepercayaan dari rekan satu timnya yang harus diperjuangkan.

Selain itu anda juga bisa melakukan dengan cara menegur sambil bercanda tanpa memperlihatkan wajah kesal. Yakin dan percayalah tim anda akan menjadi Tim yang kuta dan berprestasi.

Posting Komentar

0 Komentar