Memperingati Hari Lahir Pancasila | Sudahkah Kita Pancasila ? Mari Renungkan Sejenak

Hari ini pada tanggal 1 Juni 2020, rata-rata semua orang yang mengaku sebagai warga negara Indonesia berbondong-bondong menyerukan “selamat hari pancasila”, “saya pancasila, Saya Indonesia” dan seruan lainnya yang bertajuk peringatan hari lahir pancasila.  

Setelah melihat sekian banyak postingan yang di upload pada jejaring media sosial, memunculkan sebuah pertanyaan besar dalam benak saya. Apakah dengan “ikut-ikutan” memposting foto dengan tajuk peringatan lahirnya pancasila tersebut meyakinkan bahwa kita sudah menjunjung tinggi pancasila ?. 

Hari Lahir Pancasila
Gambar via tribunnews.com


Sebagian mungkin hanya ikut-ikutan untuk meramaikan peringatan tersebut. Mungkin juga ada yang benar-benar menjunjung tinggi pancasila dan mengabadikan momen pada peringatannya untuk memotivasi orang lain. Saya tidak mempersoalkan soal postingan-postingan tersebut. Itu bagus untuk memberi dukungan kepada sesama warga Indonesia mari membangun nilai pancasila.

Terlepas dari itu semua, saya hanya mengajak kepada semua yang membaca tulisan saya ini untuk merenung kembali tentang pancasila. Tak usah berbicara dengan persoalan rumit mengenai pancasila. Sebelum kita menilai seseorang tentang ideologi mereka terhadap pancasila, tanyakan terlebih dahulu kepada diri kita sendiri. Sudah sejauh manakah kita menjunjung tinggi pancasila dan menanamkan nilai pancasila tersebut.

Renungan Nilai-Nilai Pancasila

Mari kita coba ulas satu persatu dari lima nilai pancasila. Seperti yang saya katakan diatas, tak perlu kita bicara hal yang rumit, hal-hal yang mungkin selalu kita sangkutkan dengan negara ini, Soal pembangunan, soal politik, soal ekonomi, dan lain-lain.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa, Pada poin ini kita mengakui bahwa tuhan itu esa. Sebagai warga negara Indonesia kita semua adalah makhluk yang memiliki yang khalik. Semua masyarakat indonesia adalah umat beragama. Yang menjadi poin renungannya adalah sudah sampai mana kita menjalankan kewajiban sebagai umat beragama. Ketuhanan Yang Maha Esa bukan hanya mengakui bahwa Tuhan itu Esa. Apakah kita sudah menjadi umat yang taat atau belum ? Jawaban itu silahkan dijawab sendiri.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Apakah kita sudah menjadi manusia yang adil ? Sudah benarkah semua yang kita lakukan ?. Jika kita seorang pejabat, mungkin kita sudah adil kepada anak buah kita. Mungkin Kita sudah adil kepada keluarga kita. Bagaimana dengan sahabat dan kolega kita ? terkadang seseorang tetap pilih kasih meskipun dia tak benci.
  3. Persatuan Indonesia, Ini mungkin yang bisa kita jawab bersama-sama dalam satu suara. Apakah masyarakat indonesia bersatu ? Meskipun jawaban kita mungkin sama, tetapi jawab dalam hati saja.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan, Apakah Semua persoalan dapat kita selesaikan dengan musyawarah ?. Entahlah, mungkin di sebagian tempat dan persoalan bisa dengan cara tersebut. Namun di sisi lain masih saja kita temui yang tidak bisa dilakukan dengan hal tersebut. Bahkan semuanya amburadul.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Pada poin ini saya tak akan menjabarkan banyak hal. Silahkan renungkan sendiri. Sudah sejauh mana keadilan sosial itu terwujud.
Itulah hal-hal yang perlu kita renungkan. Saya sengaja hanya membuat pertanyaan-pertanyaan tanpa memberikan jawaban.  Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak membutuhkan jawaban dari saya. Melainkan semua pertanyaan itu membutuhkan jawaban dari setiap orang yang membaca tulisan ini. Tetap Junjung tinggi nilai-nilai pancasila.

Selamat Hari Pancasila !!!

Posting Komentar

0 Komentar