Ciri Ciri Bakat Kepemimpinan, Apakah Anda Sudah Memilikinya ?

Kepemimpinan adalah sifat alami yang dimiliki seorang pemimpin. Seseorang yang telah menjadi pemimpin belum tentu memiliki sifat kepemimpinan. Begitu juga sebaliknya, setiap orang yang memilki sifat kepemimpinan belum tentu dia bisa menjadi pemimpin.
 
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan yang baik pula. Jika seseorang pemimpin tidak memiliki sifat kepemimpinan maka akan dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Topik yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah bagaimana cara mengenali bakat kepemimpinan orang lain bahkan untuk diri kita sendiri.  Beberapa ciri yang akan kita bahas adalah karakter yang selalu ada pada pemimpin sejati.

Beberapa ciri ini saya rangkum dari buku tulisan Dale Carnegie dengan judul "Leadership Mastery" yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2009.

Ciri-Ciri Bakat Kepemimpinan


Gambar Via Pixabay


1. Kemampuan Berkomunikasi

Pemimpin pasti berbicara layaknya bahwa mereka adalah seorang pemimpin. Tetapi mereka semua tidak berbicara dengan cara yang sama. Seorang pemimpin memiliki keahlian berkomunikasi tertentu yang membedakan mereka dengan orang yang lain. Semua pemimpin mampu berkomunikasi dengan cara mereka yang efektif. Tetapi pemimpin yang baik dalam berkomunikasi, anak buah akan sangat cepat mengerti apa yang dia katakan dan bersiap untuk menindaklanjuti idenya.

Menurut Dale Carnegie, aturan berkomunikasi yang baik sangat mirip dengan aturan mengemudi yang baik. Pertama dan yang utama adalah masalah siapa yang berada di belakang kemudi. Jika anda sendiri berbicara didepan sekelompok orang itu artinya anda sama dengan seorang sopir yang memiliki banyak penumpang dibelakang. Anda adalah satu-satunya orang yang kakinya menginjak rem atau gas. Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas perjalanan tersebut. Pilihannya terdapat pada diri anda. Anda bisa membuat perjalanan itu nyaman atau tidak.

 
Layaknya seorang pemimpin yang  sedang berbicara. Dia memiliki  hak penuh atas apa yang akan diperbuatnya. Bisa membuat orang lain respect atau tidak.

2. Tunjukkan Ketertarikan Kepada Orang Lain

Pernahkah anda mendengar istilah “jika ingin dihargai, maka hargailah orang lain”. Pernyataan tersebut sama halnya dengan bagian ini. Untuk membuat orang lain tertarik dengan kita sebagai seorang pemimpin, maka tunjukan juga ketertarikan anda kepada orang lain. Orang pasti menanggapi orang lain yang secara tulus tertarik kepadanya.


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan ketertarikan kepada orang lain dan sebagian besar hanya membutuhkan perhatian terfokus. Memperlihatkan kepedulian kepada orang lain bukanlah pertanda kelemahan atau kurangnya otoritas dalam diri pemimpin. Malah sebaliknya, Itu bukti bakat seorang pemimpin sejati.

3. Pemimpin yang Baik Bukan Hanya Sekadar Performa

Sebagai seorang pemimpin tentu anda memiliki kekuasaan penuh terhadap apa yang anda pimpin. Anda bisa berbuat apa saja yang anda mau. Tetapi itu semua akan sangat berbahaya jika anda tidak melakukannya dengan bijak. 

Seorang pemimpin bisa turun dari jabatannya atas dorongan semua anak buahnya bahkan dari pihak lain. Jika anda memiliki sebuah perusahaan dan anda langsung jadi pemimpinnya, jika tidak bijaksana anda akan jatuh dari tampuk kepemimpinan karena anak buah anda akan lari meninggalkan anda sendiri. Jika anda pemimpin masyarakat anda akan jatuh atas desakan masyarakat yang anda pimpin.
 
Kepemimpinan bukan hanya sekadar performa. Banyak hal yang harus anda siapkan. Jika sekarang posisi anda sebagai anak buah, maka persiapkanlah hal yang telah kita ulas diatas agar suatu saat anda bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dengan sifat kepemimpinan sejati.

================
Fakhrul Rozi, S.STP
================

Mau Informasi Lain Yang Menarik ?

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Pemimpin Rumah Tangga (Kepala Keluarga) bisa juga dijadikan contoh supaya menjadi keluarga SAMAWA sampai Anak-cucu..mantap Pak Rozi Piliang,semoga apa yang Bpk tulis akan menjadi panutan kepada pemimpin kita dari bapak desa sampai ke ibu kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya semoga sedikit ilmu ini dapat bermanfaat, Nanti dicoba kita buatkan tulisan khusus terkait pemimpin rumah tangga.(tapi setelah saya menikah :))

      Hapus

Tinggalkan Kritik & Saran Dengan Berkomentar