Akuntabilitas Pemerintah Daerah Dalam Menghadapi Pilkada

AKUNTABILITAS

Akuntabilitas merupakan salah satu unsur pokok perwujudan good governance yang saat ini sedang diupayakan di Indonesia. Pemerintah diminta untuk melaporkan hasil dari program yang telah dilaksanakan sehingga masyarakat dapat menilai apakah pemerintah telah bekerja dengan ekonomis, efisien dan efektif. 

Dalam pandangan politik seperti saat penyelenggaraan pilkada, akuntabilitas pemerintah dapat digunakan sebagai salah satu instrumen ketika pada saat masyarakat memilih kepala daerah, dimana apabila rakyat menilai pemimpin daerahnya melakukan kinerja yang buruk, masyarakat akan menggantinya dengan pemimpin yang lain atau sebaliknya apabila memiliki kinerja baik maka akan dipilih kembali.

             Gambar Oleh : padek.jawapos.com

 
Selain itu perlu diperhatikan apakah janji politik yang kemudian tertuang dalam visi-misi oleh Kepala Daerah terealisasi atau tidak. Pemberian penilaian obyektif kepada calon kepala daerah perlu diterapkan oleh seluruh masyarakat sehingga masyarakat tidak terperdaya dengan money politics dan hoax yang sering terjadi ketika menjelang masa Pilkada berlangsung. 

Apabila penerpan politik yang sehat dan pemahaman masyarakat menegenai politik sudah baik, niscaya akan terpilih Kepala Daerah yang amanah dan akan menjalankan Pembangunan Daerah yang strategis dan akan meningkatkan kesejahteraan masyrakat. Selain itu kesadaran tinggi warga negara terhadap hak dan kewajibannya merupakan salah satu terbentuknya civil society, sehingga peningkatan pemahaman masyarakat dalam politik sangat diperlukan, seperti turut serta dalam berpartisipasi dalam memilih Calon Kepala Daerah dan tidak golput.

Penulis : Herry Wilson Butar Butar

Posting Komentar

0 Komentar