Tingkatkan Kepedulian Sosial | Pembentukan Karakter Diri

Tidak ada yang bisa mengangkat diri dan nama baik kita tanpa ada dorongan dari orang lain. Perhatian dan penilaian baik dari orang lain dapat kita hasilkan den memberikan perhatian terlebih dahulu kepada mereka. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan meningkatkan kepedulian sosial.


Kepedulian sosial merupakan salah satu faktor yang harus ada dalam diri kita. Dengan rasa peduli kepada orang lain maka secara otomatis kita akan mendapatkan pandangan baik dari orang tersebut. Kepedulian sosial haruslah dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan tujuan tertentu. Kita tidak dapat melakukan hal yang besar di dunia ini. Kita hanya bisa melakukan hal yang kecil dengan cinta kasih yang besar. Dengan demikian perbuatan kecil tersebut akan menjadi besar dengan sendirinya. 

JANGAN PENCITRAAN

Semua tindakan dan perbuatan harus dilakukan dengan ikhlas. Tidak boleh kita berbuat sesuatu karena terpaksa atau mengharapkan imbalan tertentu. Berbuat baiklah kepada siapa saja tanpa melihat waktu atau moment yang tepat. Kepedulian yang ikhlas terhadap orang lain tidak mengenal ruang dan waktu.

Berbicara soal momen dan waktu, sering kali kita jumpai orang-orang yang mendadak menjadi baik dan memiliki kepedulian yang tinggi. Contoh yang sudah menjadi rahasia umum adalah pencitraan yang dilakukan oleh politikus (calon pemimpin negeri ini) untuk mendapatkan suara masyarakat sebelum Pilkada, Pilleg, dan lain-lain. Setelah semuanya berakhir kepedulian tersebut hilang seiring berjalannya waktu. Seperti itukah sosok pemimpin kita ?. Silahkan nilai sendiri.


TINGKATKAN RASA KEPEDULIAN DARI SEKARANG

Bangunlah rasa kepedulian sosial dari sekarang. Apalagi jika kita masih muda, tanam nilai-nilai kebaikan kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Dengan demikian kita tidak perlu untuk berpura-pura baik pada saat kita membutuhkan perhatian orang. Tanpa kita sadari orang akan mengangkat nama kita dan akan timbul rasa kepercayaan dari mereka. 

Selain itu, peduli kepada orang lain akan memperbesar rasa Syukur kita kepada tuhan. Secara tidak sadar kita telah berpengaruh banyak terhadap orang lain. Tak penting apa yang anda lakukan, pokoknya lakukan saja sedikit kebaikan secara ikhlas kepada orang lain. Seperti yang telah saya tuliskan diatas, hal kecil yang kita lakukan dengan sendirinya akan menjadi sebuah perlakuan yang besar.

PENUTUP

Semoga tulisan ini bermanfaat, mari kita membangun karakter masyarakat indonesia dengan cara yang baik. Jika ada kritikan atau saran silahkan tuliskan di kolom komentar. Dan diskusikan secara baik dan sopan.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Semua tindakan dan perbuatan yang iklas dilakukan,akan mendapatkan rezeki dan rahmat yang berlipat ganda oleh ALLAH SWT Aminn 🤲🤲😊😊

    BalasHapus

Tinggalkan Kritik & Saran Dengan Berkomentar