Orang Sabar Akan Mendapatkan Hal Yang Mengejutkan

Berbicara soal kesabaran tidak akan ada habis-habisnya, banyak sekali diantara kita yang luput dari nilai-nilai kesabaran tersebut. Menjadi orang sabar mungkin suatu hal yang sangat sulit untuk diraih. Seringkali kita merasa jenuh dengan apa yang kita dapatkan sehingga ambisius terhadap sesuatu tidak terbendung. Hasilnya kebanyakan dari kita melakukan apa saja untuk mendapat tujuan tersebut.

oleh rozipiliang.com via canvas


Tuhan maha segala-galanya untuk menentukan nasib seseorang. Jikalau kita belum mendapatkan hasil yang kita inginkan, apakah tuhan benci sama kita ?. Tuhan tidak pernah benci sedikitpun kepada makhluknya. Kualitas kesabaran kita sedang diuji oleh tuhan. Apakah kita bisa bersabar dan selalu bisa bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Percayalah bahwa orang yang sabar akan mendapatkan hal yang mengejutkan.

UJIAN BAGI ORANG SABAR

Coba renungkan hal apa saja yang kita inginkan namun sampai detik ini belum kita dapatkan sama sekali. Misalnya kita adalah seorang sarjana ekonomi yang ingin bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang besar, namun sampai sekarang masih tetap menjadi pengangguran. Kita seorang lulusan Pasca sarjana Ilmu hukum yang ingin menjadi pengacara hebat, namun sampai saat ini tak ada satu pun orang yang mau menggunakan jasa kita. Apakah kita bodoh ? Tidak !. Apakah orang benci kita ? Tidak juga !. Lalu dimana permasalahannya ?.

Permasalahan seperti itu kerap kali kita jumpai. Bahkan kita sendiri mengalami hal tersebut. Jawaban dari masalah itu semua adalah karena kesabaran kita sedang diuji oleh tuhan. Bagi kita yang tidak sabar akan memunculkan pertanyaan baru, “sampai kapan kita diuji tuhan ?”. Tak seorangpun yang mampu mengetahui rencana tuhan. Jangan munculkan pertanyaan-pertanyaan yang hanya akan mengusik kesabaran bahkan keimanan kita. Yang perlu kita lakukan adalah bersabar dengan kenyataan terus berusaha untuk mewujudkan mimpi. 


Mungkin tuhan lagi menyiapkan rencana yang besar untuk kita, Tuhan mungkin  akan memberikan kejutan yang luar biasa kepada kita. Seperti kata-kata bijak yang sering kita dengar. “Tuhan tidak akan memberikan apa yang kamu inginkan, melainkan akan memberikan apa yang kamu butuhkan”.  Dari kalimat tersebut, bisa jadi apa yng kita inginkan selama ini bukan sesuatu hal yang kita butuhkan.

KEJUTAN HASIL DARI KESABARAN

Orang tua saya selalu berpesan, “Nak, Jangan sesekali kau menatap matahari dan ingin menjadi seperti mata hari, itu hanya akan membuat matamu perih dan kamu tak akan pernah menjadi matahari itu”. Kalimat yang agak aneh tetapi memiliki falsafah yang luar biasa. Jangan kita melihat terus menerus kesuksesan seseorang dan ingin menjadi orang tersebut. Hal itu hanya akan membuat kita haus akan materi. Tetapi lihatlah kesuksesan orang dan jadikan itu sebagai cambuk diri kita untuk berusaha.

Lihatlah dengan pandangan yang lurus ke depan, atau lihatlah ke bawah. Dengan demikian kita akan mampu merasa jauh lebih baik dari orang-orang yang kita lihat. Selalu lah berdoa dan berusaha untuk mendapatkan hal yang terbaik. Dengan sendirinya tanpa disadari kita akan sampai pada puncak kehidupan dengan sejuta keindahan.

Kita yang tadi pengangguran padahal sarjana ekonomi dan ingin bekerja di perusahaan besar dengan gaji melimpah, Mungkin dengan bersabar Tuhan akan memberikan jalan lain. Bisa jadi kita ditakdirkan sebagai penambang pasir, namun dengan bekal sarjana ekonomi tersebut dan tulus dalam pekerjaan itu akan berubah menjadi seorang pengusaha property yang sukses. Yang tadinya kita ingin bekerja di perusahaan besar namun sekarang kita yang menciptakan perusahaan tersebut.

Atau contoh yang kedua, diat kita tak pernah dilirik orang untuk membantu mereka sebagai pengacara. Mungkin dengan berbekal usaha dan kesabaran serta modal lulusan pasca sarjana hukum tersebut kita ditakdirkan Tuhan untuk mejadi Hakim yang luar biasa dan disegani orang lain.


KESIMPULAN

Tidak ada seorang pun yang mampu memprediksi apa yang akan ia alami kedepannya. Percayalah bahwa Tuhan telah menentukan takdir atas apa yang kita butuhkan. Percayalah dengan kalimat “roda selalu berputar”. Jangan berhenti untuk berusaha dan berdoa. Hilangkan kalimat “kesabaran ada batasnya”, kalimat itu hanya akan membuat kita lupa bersyukur atas nikmat tuhan.

Posting Komentar

0 Komentar