Lebih Baik Rescue Kucing dari Jalanan Daripada Beli

Foto oleh : Rozi Piliang


Kucing adalah salah satu hewan yang di sukai banyak orang. Bentuk rupa nya yang imut serta tingkahnya yang mengemaskan membuat kebanyakan orang ingin untuk memelihara heawan yang satu ini. Banyak jenis kucing yang dipelihara orang seperti kucing ras persia, kucing anggora, kucing kampung (Lokal), dan banyak jenis lainnya. Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri unttuk memelihara jenis kucing apa yang mereka sukai. Kucing ras contohnya, dengan bulunya yang panjang dan hidungnya yang pesek membuat daya tarik sendiri bagi pecinta kucing ras tersebut. Namun kali ini saya tidak akan memabahas kucing apa yang kamu kalian sukai melainkan tentang adoposi hewan lucu ini.

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar untuk mendapatkan seekor kucing ras yang imut dan lucu. Tentu ini tidak akan menjadi masalah jika kalian memiliki uang yang berlebih, karena perawatan dan makanannya juga memerlukan uang yang cukup. Bagi kalian yang hanya cukup uang untuk membeli kucing namun memlililki keterbatasan uang untuk makan dan perawatan, saya sarankan kalian untuk tidak membeli kucing ras tersebut.

Daripada kalian habiskan uang untuk membeli kucing, lebih baik kalian gunakan uang tersebut membeli makannan yang sedikit lebih bagus untuk kucing kampung. Sebenarnya kucing kampung tidak selamaya memiliki stigma negatif seperti pikiran banyak orang. Kebanyakan orang menilai kucing kampung itu adalah kucing yang liar, Kotor, dan tidak bisa diatur. 

Bersama tulisan ini saya tegaskan bahwa penilaian kalian itu salah. Tingkah laku kucing sebenarnya tercipta dari bagaimana kita merawatnya. Jika kalian tidak merawat dengan sepenuh hati, kucing Ras pun akan bisa menjadi seekor kucing yang tak disukai. Kucing kampung juga tidak kalah cantik dengan kucing Ras. Jika kalian rawat seperti kalian merawat kucing ras, saya yakin kucing kampung kalian akan menjadi kucing yang menggemaskan dan lucu sehingga nyaman kalian ajak untuk bermain.

RESCUE KUCING JALANAN


Jika kalian memang pecinta kucing (Cat Lovers), bukan berarti kalian harus memiliki kucing RAS yang cantik, lucu, dan mahal. Melainkan kalian harus menyayangi segala jenis kucing yang ada. Populasi kucing di Indonsesia sangat banyak, sehingga tidak susah untuk mendapatkan kucing. Kalian tidak perlu untuk membelinya. Kucing layaknya seperti manusia yang butuh kasih sayang dan rumah untuk berteduh. Mereka juga butuh kehangatan dan kenyamanan. 

Foto Kucing Oleh Rozi Piliang


Kenyataannya banyak sekali kita jumpai kucing-kucing dijalanan yang berbadan kurus, kelaparan, bahkan ada yang cacat tubuh gara-gara ulah manusia. Apakah kalian tidak memeiliki rasa kasihan untuk hewan yang seperti itu ?. 

Saya pribadi salah satu orang penyuka kucing. Ingat ! kata kuncinya adalah "penyuka kucing", bukan "penyuka kucing RAS tertentu". bukan berarti saya tidak suka kucing ras. Sebenarnya saya sangat ingin untuk memiliki dan merawat kucing ras, namun masih banyak saya lihat kucing-kucing yang butuh perhatian lebih. Saya berpendapat lebih baik kita mengeluarkan uang untuk merawat dan memberi makan kucing kampung, daripada mengeluarkan uang untuk memebeli seekor kucing RAS. Sederhananya, kalian tinggal ambil anak kucing di jalanan, dan kalian bawa pulang kerumah serta kalian rawat selayaknya merawat kucing ras. Rawatlah anak kucing tersebut dengan baik dan tulus. Beri makanan yang layak seperti makan kucing ras kalian pada umumnya. Mandikan kucing tersebut, dan bawa kedokder jika dia sakit. Dengan demikian kucing yang kalian pungut dari jalanan tersebut, akan tumbuh menjadi sosok kucing yang lucu, imut, dan menggemaskan.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa kucing yang dipungut dari jalananpun bisa menjadi sangat cantik dan lucu. Jika kalian tidak percaya sialahkan cari di youtube tentang rescue kucing jalanan. Kalian akan menemui banyak sekali video tentang itu.  Tidak hanya di dalam negeri, diluar negeripun banyak pada pecinta kucing yang merawat kucing jalanan.


UANG UNTUK BELI KUCING

Beberapa orang dari kalian mungkin telah menyediakan sejumlah uang untuk membeli kucing. Seiring dengan penjelasan saya diatas, lebih baik urungkan niat kalian dan pergunakan uang tersebut untuk membeli makanan dan perawatan kucing. Kucingnya tinggal kalian pungut di jalanan dan rawat dengan uang tersebut. Dengan demikian, ada dua hal penting yang telah kalian lakukan. Pertama, kalian telah memenuhi keinginan kalian untuk memiliki dan merawat kucing jika kalian memang cat lovers sejati. Kedua, kalian telah menyelamatkan makhluk hidup yang terlantar, yang seharusnya mereka juga harus memiliki rumah tempat berteduh. Semoga kebaikan kalian tersebut diganti dengan pahala yang besar oleh Tuhan.

Dengan penuh harapan bersama tulisan saya ini bisa merubah mainset kalian terhadap keinginan untuk memelihara kucing RAS tertentu. Banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk berbaik baik sesama makhluk ciptaan tuhan. Semoga bermanfaat. Wassalam.

=============================
=============================

Baca Juga : Makan Kucing Buatan Rumah

Post a Comment

0 Comments