Paradigma komunikasi Pemerintahan dari masa ke masa



Asalamualiakum Wr.Wb
Pada postingan kali ini saya rozi piliang akan memberikan ringkasan singkat tentang paradigma komunikasi pemerintahan dari masa kemasa , mulai dari masa penjajahan pasca kemerdekaan hingga era reformasi, pembahasan ini saya ringkas dari modul pembelajaran semester 4 Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2015.

Berikut pembahasannya;

1. Masa Pemerintahan Penjajahan Pasca Kemerdekaan

Pemerintah penjah belanda dan jepang bersifat diktator dan otoriter membendung arus nasionalisme dan mengontrol rapat-rapat pemberitaan (pers), sekolah, dan dakwah. Ketegasan semngat para pemimpin saat itu adalah berhasil merundingkan dasar negara yang saat ini dikenal sebagai Pancasil dan UUD 1945.

Walaupun dalam kegentingan yang memaksa para "founding father" tetap befikir jernih, visioner, dan brilian dalam dalam menciptakan negara yang moralis dan integralis. Debgan demikian dalam pandangan masyarakat negara itu adalah faktor yang budiman yang menegakkan keadilan dan persatuan. Simbol negara tidak pernah salah walaupun bentuk negara  persatuan terseok-seok di alam penjajahan yang otoriter.

2. Masa Pemerintahan Orde Lama

Gaya Komunikasi pemerintahan di zaman Soekarno adalah gaya orator yang sifatnya sederhana namun menyentuh relung hati yang terdalam. Komunikasi pemerintahan saat itu diwarnai dengan ketegasan, keberanian, dan sikap yang teguh, tidak berbelit-belit, tidak menggunakan kata-kata yang bersayap, jelas intonasinya yang tersimbol dalam gesture dan pelototan mata. Komunikasi seperti ini biasanya sukses dalam susana emosi yang terkendali dan disampaikan secara berulang-ulang.


Baca Juga : Perspektif Dan Proses Berfikir Dalam Komunikasi Pemerintahan


3. Masa Pemerintahan Orde Baru

Orde baru dimulai sejak tahun 1965, pemerintahan dikuasai satu partai politik yaitu Golkar, dimana Soeharto alah pembina tunggalnya. ABRI adalah jalur A, Golkar adalah jalur G, dan PNS mengikuti memilih Golkar melalui Korpri.

Pak Harto menerapkan Undang-Undang Anti Subversif atau yang diluar negeri dikenal dengan Undang-Undang Security Act (Keamanan Negara) dan kepada seluruh jajarannya diperkenalkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat Pancasila tidak ekstrim kiri (komunis) dan tidak ekstrim kanan (Berbasis Agama). Semua Organisasi diharapkan mencamtumkan Pancasila sebagai dasar perjuangannya. Komunikasi pemerintahan di masa ini lebih didominasi oleh komunikasi yang non verbal, Pak Harto lebih banyak menggunakan bahasa tubuh, isyarat, namun penuh ketegasan.

Cara pandang pak Harto selalu tertib, positif, dan penuh wibawa dan masing-masing menteri pada kabinetnya harus mampu menterjemahkan apa maksud Presiden kepada masyarakatnya. Dimasa ini Indonesia sukses menerapkan progran keluarga berencana dan masih eksport migas. Koordinasi pemerintahan dimasa Orde baru terkesan berjalan satu arah, karena kebijakan tingkat nasional harus diikuti persis oleh pemerintah tingkat daerah.

4. Masa Pemerintahan Reformasi

Masa reformasi dimulai sejak MPR merevisi UUD 1945 hingga saat ini sudah sampai ke perubahan ke IV. Hal-hal yang berubah secara signifikan adalah; Hal musyawarah mufakat tidak lagi di prioritaskan, keputusan terbaik adalah Voting.; MPR tidak lagi menyusun GBHN, namun pemerintah yang menyusun RPJM sesuai dengan visi misi dimasa kepemerintahannya.; Presiden mempunyai jabatan setinggi tingnya 2 kali 5 tahun.; Hak-hak DPR dimunculkan seperti hak budget, hak interpelasi, hak menguji,dll; Ditambahnya pasal-pasal HAM dalam revisi yang ke III.

Selain itu pula orde reformasi juga diwarnai dengan perubahan pada Undang-Undang pers dan munculnya lembagalembaga baru sehingga hak mengemukakan pendapat semngkin terbuka. Disisi lain juga diberlakukannya undang-undang otonomi daerah yang memeberikan daerah untuk mengatur daerahnya sendiri.


Demikian Pembahasan tentang paradigma komunikasi pemerintahan dari masa kemasa, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Jika ada kritik dan saran dapat menuliskan komentar di bawah postingan ini atau dapat lansung mengirimkan pesan ke email admin. Bagi kalian yang ingin berlangganan dengan artikel-artikel yang admin tulis dapat mengikuti situs ini via email dengan cara memasukan email kalian pada kolom yang tersedia dibawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Paradigma komunikasi Pemerintahan dari masa ke masa"

Post a Comment

Tinggalkan Kritik & Saran Dengan Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel