Buat Akta Kelahiran Tanpa Buku Nikah Orang Tua, Apakah Bisa ?



ROZIPILIANG- Banyak orang  bertanya-tanya apakah bisa membuat akte kelahiran tanpa melampirkan buku nikah orang Tua ?. Buku nikah adalah salah satu syarat untuk membuat akte kelahiran, jika tak ada maka tak ada pengasahan atas anak. oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akn bahas permasalahan tersebut.

Akta kelahiran adalah salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki oleh penduduk Indonesia. dokumen ini sangat dibutuhkan untuk beberapa urusan seperti anak masuk sekolah, persyarataan untuk buat pasport dan masih banyak lagi urusan-urusan yang membutuhkan persyaratan Akta kelahiran. 

Oleh karena alasan tersebut masyarakat semangkin sadar untuk tertib administrasi kependudukan dan membuat akta kelahiran. Apa saja syarat membuat Akta Kelahiran ?

Secara umum syarat akte kelahiran adalah :
  • Surat Keterangan kelahiran dari bidan rumahsakit tempat lahir
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy KTP Orang Tua
  • Fotocopy KTP Saksi 2 Orang
  • Fotocopy buku Nikah orang tua
Itulah persyaratan umum dan wajib untuk membuat akte kelahiran. Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah, Apakah bisa buat akta kelahiran tanpa ada fotocopy buku nikah orang tua    ???


Membuat akta kelahiran tanpa ada Buku nikah orang tua tetap bisa diproses namun syarat dan ketentuan berlaku.  Bagi mayarakat yang melengkapi persyaratan seperti yang tertulis diatas maka dia akan mendapatkan akta kelahiran dengan mencantumkan kedua nama orang tuanya (ayah dan ibu).


  Contoh : 

TELAH LAHIR (Nama Pemilik Akta)  ANAK PERTAMA, PEREMPUAN DARI AYAH (nama ayah) dan IBU (nama ibu).

Berbeda bagi yang tidak menyertakan buku nikah orang tua pada persyaratan administrasi pembuatan akta kelahiran. bagi mereka yang tidak ada buku nikah orang tua maka harus mebuat pernyataan bahwa bersedia untuk tidak dicantumkan nama ayahnya pada akta kelahiran tersebut. akan tetapi akta kelahiran tetap dapat diterbitkan.


Contoh :

TELAH LAHIR (nama Pemilik Akta) ANAK PERTAMA , PEREMPUAN DARI SEORANG IBU (nama Ibu)

Nah itulah perbedaan bagi yang melengkapi persyaratan administrasi  dengan yang tidak dapat menunjukkan buku nikah orang tuanya. Jika Bagi yang melengkapi persyratan ditulis nama kedua orang tuanya maka bagi yang tidak melengkapi buku nikah orang tua hanya ditulis nama ibunya saja. 

Hal ini terjadi karena persoaalan pengesahan anak. bagi yang memiliki buku nikah maka ada dsar yang kuat untuk mengakui pengesahan anak dihadapan hukum, namun jika tidak ada ada maka dasar hukumnya tidak ada. oleh karena itu nama bapaknya tidak ditulis.

Demikian pembahasan sooal pembuatan akta kelahiran tanpa buku nikah oran tua, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan boleh tinggalkan di kolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buat Akta Kelahiran Tanpa Buku Nikah Orang Tua, Apakah Bisa ?"

Post a Comment

Tinggalkan Kritik & Saran Dengan Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel