Home Top Ad

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Cara Merawat Baterai Smartphone, Hindari Penggunaan Powerbank Yang Berlebihan

Share:
Ilustrasi : Penggunaan Powerbak Yang berlebihan


rozipiliang.com- Apakah kalian salah satu pengguna smartphone yang selalu mengisi daya baterai samrtphone kalian dengan powerbank ?, jika iya, kurangilah penggunaan powerbank untuk mengisi daya baterai smartphone kalian.

Mungkin pata era tahun 200-an kita tidak perlu menggunakan powerbank, karena cukup dengan sekali mengisi daya, baterai handphone kita cukup bisa bertahan lama bahkan berhari-hari, ini dikarenakan fitur yang dimiliki handphone era itu hanya untuk telpon dan SMS saja.

Berbeda halnya pada era sekarang ini, dengan bermunculannya smartphone-smartphone baru, membawa fitur-fitur tambahan yang sangat diminati oleh para pengguna, sehingga fitur-fitur yang semngkin banyak itu juga membutuhkan daya yang lebih banyak sehingga kalian tidak cukup untuk mengisi daya sekali saja dalam satu hari.

Daripada ribet membawa kabel carger, langkah yang paling umum diambil oleh kalian adalah menggunakan powerbank, dengan powerbank kalian bisa lebih mudah untuk melakukan pengisian daya karena tidak perlu mencari sumber arus listrik, dan powerbank juga mudah untuk di operasikan. Bahkan kalian lebih sering mengisi dengan powerbank dengan alasan dapat dibawa kemana mana meskipun sedang mengisi daya, dari pada dengan kebel carger yang tersambung dengan arus listrik.

Tahukah kalian bahwa penggunaan powerbank yang berlebihan itu berbaha ya ?? Powerbank memang menjadi alternatif saat kalian kehabisan daya baterai samartphone, namun yang harus kalian perhatikan adalah cara penggunaannya yang tepat.

Jika kalian kehabisan daya baterai di tempat-tempat yang memungkin kalian bisa menggunakan kabel carger, maka isilah daya baterai samartphone kalian mengunakan kabel bawaan yang tersambung dengan arus listrik. namun jika kalian berada di luar ruangan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan kabel carger bawaan, barulah gunakan powerbak sebagai alternatif.

Bahaya dari penggunaan powerbank yang berlebihan adalah baterai kalian cepat rusak. Tidak hanya baterai, perangkat keras yang lainpun dari smartphone kalian juga akan bisa ikut-ikutan rusak.

Penyebab dari kerusakan itu adalah daya yang masu tidak sepenuhnya sama dengan daya yang dimasukkan oleh kabel carger bawaan, Pada samartphone kalian sudah ada aturan standart yang dikeluarkan oleh pabrik berapa daya tampung baterai dan berapa arus yang digunakan untuk dapat mengisi daya baterai smartphone kalian.

Penggunaan powerbak kadang kala  tidak sesuai dengan arus yang di gunakan untuk mengisi daya, dikarenakan kebanyakan dari kalian menggunakan powerbak dari pabrik yaang berbeda dengan asal pabrik smartphone kalian.

Sering kali menggunakan powerbak, arus yang digunakan terkadang dibawah satandar smartphone kalian sehingga pengisian daya baterai sangat lama. dan juga bahkan sangat cepat dikarenakan arus yang masuk jauh diatas standar yang telah ditetapkan. akibatnya banyak baterai yang over capsity dan akhirnya baterai bocor.

Bahkan jika arus yang masuk sangat tinggi, dapat mengakibatkan suhu smartphone menjadi lebih panas. Sudah banyak kejadian samartphone dapat meledak jika terlalu panas saat pengisian daya baterai yang berlebihan.

Saya sarankan pada kita semua, sebaiknya gunakan powerbak tersebut disaat kalian benar-benar medesak, jika tidak mendesak gunakanlah kabel carger yang telah disiapkan oleh pabrik smartphone kalia. semoga bermanfaaat (rzpl)


Baca Juga : 

No comments